Sabtu

VLC 2.0: Player Serbabisa Terbaru Telah Hadi




Setelah cukup lama melakukan update seputar versi 1.x, media player multiplat­form (Windows, linux, dan Mac) yang po­puler karena kemampuannya mendukung hampir semua jenis format audio dan vi­deo akhirnya memasuki fase kedua yang menyertakan serangkaian fasilitas terbaru dan penyempurnaan di sebagian program.

Bagi pengguna Mac, VlC 2.0 hadir dengan interface yang berbeda de ngan tampilan yang lebih elegan dan terintegrasi dengan sistem Mac OS X.

Pada sistem apple ini, Playlist dan video output VlC 2.0 akan mengunakan window yang sama, service discovery modules juga telah bisa diakses secara mudah melalui sebuah sidebar, dan berbagai filter audio/video telah ter­muat pada panel yang ada.

Peningkatan performa juga diberikan pada interface VlC agar lebih responsif saat digunakanbagaimana dengan pengguna Win­dows? Meskipun VlC 2.0 akan menyedia­kan interface yang tidak jauh berbeda de­ngan  versi terdahulu, perbaikan besar ter­jadi di dalam "jeroan" program.
Sebut saja pada fasilitas decoding­nya yang kian disempurnakan agar mendukung prose­sor  multi­threade decoding (H.264, MPeG­4/Xvid, dan WebM), GPu terbaru, baik untuk desktop dan mobile hardware.

Pengguna Windows versi 64 bit (intel/aMD) juga telah dapat menggunakan VlC 2.0 karena programnya telah  kompatibel penuh de ngan arsitektur  64 bit. VlC 2.0 yang bersandi "twoflower" juga menyerta­kan sistem rendering pipeline terbaru un­tuk meningkatkan kualitas subtitles yang tampil pada video dan beberapa filter vi­deo untuk lebih menyempurnakan kualitas video yang ditampilkan.

Meskipun dukungan terhadap berba­gai format multimedia bisa dikatakan ter­baik di antara player yang ada saat ini, VlC 2.0 juga masih "membuka lebar" du­kungannya terhadap open format lainnya, khususnya untuk professional, HD, WMV image, dan 10bits codecs (Prores 422, 4444, aVC/intra, Jpeg­2000, DNxHD/VC­3).

Tidak ketinggalan, meskipun masih berstatus eksperimen, dukungan pada beberapa  device terbaru, seperti format blu­ray juga mulai dihadirkan. ke depan­nya, VideolaN project juga akan me­ngem bangan VlC bukan hanya sekadar player, tetapi juga sebagai streamer dan converter profesional.
Selain versi Win­dows (XP SP2, Vista, 7), VlC 2.0 juga tersedia pada sistem Mac OS X (10.5 in­tel/PowerPC, 10.6, 10.7), dan linux.