Rabu

Potensi Celah Keamanan pada Digicam dengan Wi-Fi



Kelengkapan fasilitas jaringan pada suatu produk, misalnya kamera digital, bisa berdampak negatif bagi penggunanya bila digunakan secara serampangan.

Hal ini dibuktikan oleh daniel Mende and pascal turbing dari perusahaan sekuriti erNw saat mendemokan potensi keamanan pada kamera digital Slr flagship canon eoS-1d X di ajang konferensi Sekuriti trooperS 13, heidelberg, Jerman.

EoS-1d X yang mendukung fasilitas wi-Fi dan webserver untuk kemudahan upload foto dapat disalahgunakan protokol komunika-si nya oleh hacker untuk mencuri dan memanipulasi foto.

Canon eoS-1d X memiliki 4 opsi komunikasi jaringan, yaitu dengan fasilitas Ftp, dlNa (digital living Network alliance), wFt (wireless File transmitter), dan eoS utility Mode (via MdNS dan ptp/ip).

Celah keamanan berlaku untuk semua protokol, dimana eoS-1d X dapat terkoneksi ke jaringan dengan kabel ethernet atau wi-Fi (jika wFt-e6 wireless File transmitter ditambahkan).

Apabila foto dikirim ke server Ftp, hacker dapat menyusup untuk mendapat data login data dengan metode "listening in" pada jaringan Ftp tanpa enkripsi.

Pada koneksi dlNa, standar XMl yang digunakan untuk bertukar data via http tanpa prosedur authentication juga berisiko sama.

Jadi, bagi semua pengguna kamera yang sering memakai feature wi-Fi tersebut, waspadalah!


Info: www.troopers.de